Beranda » Blog Seputar Jayamix » Cara Pengecoran Yang Benar Dan Sesuai Standar

Cara Pengecoran Yang Benar Dan Sesuai Standar

Diposting pada 7 Oktober 2020 oleh admin | Dilihat: 587 kali | Kategori:
Cara Pengecoran Yang Benar Dan Sesuai Standar

Cara Pengecoran Yang Benar Dan Sesuai Standar

Tahapan Pengecoran Yang Benar

Berikut Cara Pengecoran yang Benar, aman bagi bangunan, efisien dalam hal pengerjaan dan ekonomis dalam hal pembiayaan, murah namun kuat dan berkualitas memenuhi standar. Berikut tipsnya:

1. Desain struktur yang benar

Sebelum memulai pekerjaan cor beton tentunya harus dimulai dengan desain struktur yang benar dan ber-konsep, baik dalam menentukan dimensi beton, teknik bahan dan schedule lapangan yang cermat. Sebab jika perhitungan struktur sudah salah, walau dikerjakan di lapangan sudah baik dan optimal, tentunya tidak mendapatkan hasil yang baik.

2. Gunakan material beton yang sesuai dengan perhitungan standar

Gunakan material beton yang sesuai dengan perhitungan standar, sesuai dengan yang tercantum di perhitungan desain dan sesuai dengan standar yang telah ditentukan. Semisal jika kita akan membuat struktur beton bertulang, makan kita sebaiknya menggunakan beton dengan kualitas K 350. Dan jika kita paksakan untuk menggunakan cor beton berkualitas K 250, tentunya hasilnya nanti kemungkinan besar akan tidak baik dan tidak memenuhi standart keamanan sebuah struktur.

3. Siapkan begisting dengan benar

Siapkan begisting dengan benar, rapi dan pastikan masing-masing elemen sudah ditopang oleh penyangga (stager) yang kuat. Hal ini tentunya agar menghindari berbagai hal seperti kebocoran, agar hasil rapi (jika hasil rapi tentunya pekerjaan finishing juga lebih efisien), efisien bahan (jika jalus begisting benar dan sesuai dengan perhitungan struktur) dan agar menghindar hal yang lebih parah seperti roboh. Sarana begisting seperti papan maupun triplek haruslah dalam kondisi bagus dan bersih sebelum dipergunakan.

Banyak kasus bahwa orang menggunakan bekisting bekas, ini sah-sah saja selama bentuk papan/triplek tersebut belum berubah (melengkung), retak-retak, bocor, lapuk. Dan bila sudah yakin bentuk papan/triplek begisting masih bagus dan layak untuk digunakan lagi, maka permukaannya pun harus dibersihkan dulu dari sisa-sisa semen cor yang menempel saat pengerjaan cor beton sebelumnya.

4. Perhatikan saat pembongkaran bekisting

Hal yang sering orang langgar adalah waktu pembongkaran begisting. Tahap pekerjaan pembongkaran bekisting ini jangan terlalu cepat sebelum beton benar-benar kering dan mampu menahan bebannya sendiri. Untuk amannya waktu pengeringan adalah minimal 30 hari setelah pekerjaan pengecoran.

5. Bersihkan beton yang tercecer saat pengecoran

Hal sepele yang juga sering terlanggar adalah pembersihan beton tercecer saat pengecoran. Ini harus segera kita lakukan sebelum mengering, karena jika sudah kering tentunya akan sulit untuk kita bersihkan dan pastinya akan menambah biaya operasional.

6. Cek ulang kondisi begisting

Cek ulang kondisi begisting serta jalur-jalurnya termasuk posisinya masing-masing. Juga perhatikan ulang mengenai kondisi begisting dari kebocoran yang mungkin akan terjadi nanti. Pengecekan posisi begisting dapat menggunakan waterpas.

Dan jika ada begisting yang tersambung dengan beton lama, tentunya niat ini adalah agar beton lama dan beton baru akan tersambung, maka sebelum itu beton lama hendaklan kikis dulu dan harus menggunakan lem beton agar masing-masing beton itu dapat tersambung.

Lakukan penyiraman setelah proses pengecoran beton berlangsung jika kondisi alam dapat membuat proses pengeringan terlalu cepat, seperti kondisi matahari yang terlalu terik, cuaca yang saat itu cerah. Waktu pengerasan yang terlalu cepat dapat berakibat tidak bagus seperti hasil yang retak-retak.

7. Koordinasi dengan penyedia ready mix / jayamix

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan beton siap pakai (ready mix) maka koordinasikalah dengan perusahaan atau jasa penyedia beton cor ini jauh-jauh hari. Carilah info dan referensi sebanyak-banyaknya baik mengenai harga, mutu pelayanan dan ketersediaan material.

Koordinasi ini juga perlu agar kita dapat memastikan material beton dikirim tepat pada saat jadwal pekerjaan pengecoran. Kemunduran karena berbagai hal dapat mengakibatkan pemborosan operasional lapangan, seperti upah tukang dan lain-lain.

Demikianlah Cara Pengecoran yang Benar dan Sesuai Standar, semoga dapat bermanfaat bagi Anda yang ingin melakukan pekerjaan proyek pembangunan atau renovasi rumah dan sebagainya.

 

Baca juga

 

 

Bagikan

Cara Pengecoran Yang Benar Dan Sesuai Standar | Jayamix Termurah

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Anda Mungkin Suka

Jayamix Termurah

Sebuah website media jualan beton jayamix yang melayani pemesanan Beton Ready Mix / Jayamix berkualitas dengan harga lebih murah

Selengkapnya tentang kami…

head office

Jayamix Termurah
Cikampek Baru 2 Kec. Jatisari Kab. Karawang
Blok 10.7 No.10

Live Chat
Online Senin-Sabtu (08:00 – 22:00) WIB

Chat via Whatsapp
Ipin
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Ipin
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja